PROFILE

SUSU LISTRIK
PROFILE

SULIS

Profil Susu Listrik – Susu merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang. Dengan meningkatnya kebutuhan susu di masyarakat, maka dibutuhkan teknologi tepat guna yang berfungsi memperpanjang umur simpan, khususnya susu cair. Di dalam susu cair terdapat mikroorganisme yang berkembang dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada saat penyimpanan dan berakibat fatal bagi yang mengkonsumsi. Lebih parahnya nilai jual susu menjadi rendah pada kalangan peternak sapi perah.

Tujuan dari proses pengolahan susu adalah memperpanjang umur simpan khususnya susu cair. Hal ini disebabkan di dalam susu terkandung mikroorganisme yang berkembang dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan kerusakan susu cair pada saat penyimpanan. Metode yang selama ini digunakan adalah dengan menggunakan panas. Namun ketika metode ini digunakan kandungan protein di dalam susu akan pecah. Berdasarkan uraian mengenai dampak negatif dari metode pengolahan pangan thermal (panas), maka diperlukan suatu metode pengganti yang lebih efektif, ekonomis dan efisien tanpa merubah warna, bau dan kandungan gizi produk olahan.

Salah satu metode non thermal (tanpa panas) yang sedang dikembangkan adalah dengan menggunakan kejutan listrik tegangan tinggi PEF (Pulsed Electric Fieldi). PEF adalah proses pengolahan bahan pangan yang didasarkan pada aplikasi denyut pendek pada tegangan tinggi (20-80 kV/cm) ke bahan makanan pada suhu kamar atau di bawahnya selama beberapa detik untuk memperkecil kerusakan yang disebabkan oleh pemanasan. Metode ini sangat efektif karena dapat menginaktifkan mikroorganisme sampai 99% tanpa merubah warna, bau, dan kandungan gizi dalam waktu yang sangat singkat.

SULIS (Susu Listrik) merupakan alat pasteurisasi susu kejut listrik tegangan tinggi yang mampu membunuh bakteri dalam susu tanpa merusak kandungan di dalamnya. Penerapan inovasi ini, dapat memperpanjang umur simpan susu sehingga lebih aman dikonsumsi masyarakat, yang pada akhirnya nilai jual susu pada kalangan peternak akan meningkat. Kedepannya Inovasi ini dapat diapalikasikan pada produk susu olahan dan bahan cair seperti yoghrut, keju cair, jus, sirup serta pasteurisasi untuk air mineral.

Dalam menciptakan teknologi pengolahan susu yang mutakhir “SULIS” telah mempelopori pengolahan susu tanpa menggunakan sistem pemanasan di Asia Tenggara yaitu dengan sistem kejut listrik tegangan tinggi (Pulsed Electric Field), teknologi ini memberikan manfaat yang besar diantaranya dapat mempertahankan kandungan gizi dan protein agar tidak rusak, mempertahankan aroma, bau dan rasa dalam susu. Sehingga nilai lebihnya selain susu aman untuk dikonsumsi langsung, susu juga memiliki masa umur simpan yang lebih panjang serta meningkatkan nilai jual susu.

Jaringan dan pemasaran kami semakin meluas, hal ini didukung oleh peningkatan kualitas produk dan layanan. Selain itu, kami juga senantiasa menjalin serta mengembangkan hubungan dengan para konsultan, owner dan para distributor kami yang potensial dan tersebar luas di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Support, Award, Competition, Acknowledgement

susu listrik
to top button